Selasa, 30 Maret 2010

About Kickfest Indonesia



Secara Umum, KICKFEST adalah festival clothing terbesar yang pernah ada di ASIA, kini sudah kali ke-3 kickfest di adakan di Indonesia sejak tahun 2007. Diacara ini para pecinta band indie Indonesia dan dengan bangga kickfest menghadirkan clothing hasil karya anak Indonesia. Acar ini diadakan setiap tahun di seluruh Indonesia dan seperti biasa Bandung adalah tempat acara puncak Kickfest 2009.

Secara khusus, KICKFEST adalah sebuah acara expo yang diprakarsai oleh asosiasi komunitas Clothing dan Distro yang menamai dirinya Kreative Independent Clothing Kommunity (KICK) yang berpusat di kota Bandung. Anggota untuk di Bandung sendiri tercatat 26 clothing dan 2 distro, sementara perwakilan resmi tercatat di Yogyakarta. Sementara Jakarta, Lampung, Surabaya, Makasar sebagai kota representative karena kepengurusannya belum diresmikan.

Saat ini KICKFEST bagi anggota KICK sendiri dianggap sebagai event paling 'sakral' yang hanya boleh diadakan satu kali dalam satu tahun.

KICKFEST roadshow kali ini merupakan lanjutan dari acara yang sama pada tahun 2007 dimana diadakan di sebagian ruas jalan Diponegoro tepat di depan Gedung Sate yang terkenal sebagai simbol Propinsi Jawa Barat. Pada saat itu acara diikuti oleh 107 perserta yang berasal dari Jakarta, Yogyakarta, Solo, Lampung, Makasar, Malang, Semarang dan Medan. Tercatat selama tiga hari acara itu mampu menyedot lebih dari 350.000 pengunjung dan nilai omset yang berhasil diraup sekitar lebih dari 3 milyar rupiah.

Konsep dari KICKFEST sendiri adalah: News, Education, Experience dan Entertainment.

NEWS, acara ini harus dapat memberikan informasi mengenai sesuatu yang terbaru atau telah dapat dicapai oleh pesertanya. Dapat berupa inovasi maupun tehnik dalam produksi dan desain.

EDUCATION, dimaksud untuk memberikan edukasi pasar dalam menghadapi ancaman pembajakan disain dan juga mengenai clothing lokal yang sesungguhnya, yaitu yang tidak hanya menjual produk tapi juga memiliki attitude dan image dalam setiap bentuk produksinya. Karena saat ini banyak sekali bermunculan clothing-clothing baru yang jauh menyimpang dari citra image lokal clothing yang sesungguhnya.

EXPERIENCE, acara ini harus memberikan kesan atau pengalaman yang medalam bagi para pengunjungnya. Tidak hanya berbelanja, diharapkan pengunjung dapat menikmati suatu suguhan yang berbeda dengan acara expo biasanya.

ENTERTAINMENT, hiburan sebagai pelengkap acara ini menghadirkan semua bentuk hiburan yang berbau semangat independent. Dapat berupa penampilan band, pemutaran film indie, skateboard showcase, art showcase dan lain lain.

***

Pada awal roadshow di Yogyakarta ini setiap brand tidak main-main untuk membawa konsep toko mereka ke arena expo. Hal ini terlihat dari dilibatkannya lebih dari 100 orang pegawai yang dibawa oleh mereka, dengan lebih dari 20 ton barang yang diangkut ke venue. Dan untuk promosi acara ini pihak organiser dari Kaminari Production juga nampak serius dalam menanganinya. Lebih dari 10.000 flyer, 5000 poster, 30 buah spanduk dan 2 buah billboard disebar diseluruh penjuru kota Yogyakarta dan kota-kota satelit sekitarnya. Tidak ketinggalan 3 buah radio dan 1 buah stasiun tv lokal menjadi partner media elektronik. Sementara 5 buah majalah anak muda nasional dan 3 koran lokal menjadi partner media cetak.

Sumber: http://kickindonesia.multiply.com/
http://kickfest.com/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar